Faktor Yang Mempengaruhi Harga Sewa Bus Wisata



Adapun faktor yang mempengaruhi harga  sewa bus wisata sebagai berikut:

1.      Tanggal Pemakaian
Tanggal pemakaian sering di jadikan patokan utama penentuan harga dalam perhitungan harga, karena sepi ramainya permintaan pada tanggal pemakaian sangat berpengaruh. Misal sewa di hari biasa/weekday akan lebih murah jika dibandingkan weekend. Atau sewa di Low Season harga akan jauh lebih ekonomis jika di bandingkan High Season.

Contoh: Seorang Customer telah menyiapkan susunan rute perjalanan wisata, dan menanyakan harga berdasar rute yang telah disiapkan ke salah satu PO bus wisata.  Sudah pasti PO tersebut akan mananyakan tanggal pemakaian, kalaupun PO bisa memberikan Harga mungkin Hanya harga tentative  yang bisa berubah lebih mahal atau lebih murah menyesuaikan tanggal pemakaian.

Kenapa terjadi seperti itu, sebab dari PO tidak ingin spekulasi memberikan harga murah tanpa mengetahui tanggal pemakaian, karena dikuatirkan setelah terjadi kesepakatan harga ternyata tanggal pemakaian adalah High Seosan/High Demand. Karena memang hal tersebut tidak akan pernah diketahui PO. Tanpa mengetahui tanggal pemakaian.

2.       Banyak Rute Tujuan Wisata.
Banyak sedikitnya rute tujuan perjalanan wisata juga berpengaruh, sebab adanya banyak rute tujuan tersebut pasti akan menambah jarak tempuh, sehingga  berakibaterhadap bertambahnya konsumsi BBM. Selain itu upah driver tujuan satu tempat dengan tujuan beberapa tempat dari pihak driver juga minta tambahan, karena hal diatas sehingga banyaknya rute tujuan akan berpengaruh terhadap harga sewa bus.

3.       Jenis Bus/Class Bus.
Mungkin untuk jenis bus sudah sangat jelas menentukan harga, sebab dari PO. Memiliki kebijakan masing-masing dalam penentuan jenis bus/class bus. Misal : ada PO yang membagi jenis/class bus : Standard Class - Bisnis Class - Vip Class, adapula jenis/class Jetbus-HD,HDD, SHD dan pembagian jenis/class lainnya.
Dan dari perbedaan class atau jenis diatas pasti akan memiliki perbedaan harga.

4.      Fasilitas Bus.
Sudah pastinya menjadi fakta umum jika semakin banyak fasilitas unit wisata tentunya akan mempengaruhi harga sewa bus. Karena dengan adanya Banyaknya fasilitas tambahan semakin besar Cost Po untuk biaya fasilitas tersebut.
Misal : Sama-sama sewa bus wisata di satu PO, meskipun rute tujuan sama, ada perbedaan fasilitas tambahan seperti: Wifi, Dispenser, Bantal,dll. Pasti unit yang memiliki banyak fasilitas harganya akan lebih mahal.

1.       Jarak Lokasi Jemput dari Pool.
Faktor berikutnya yang mempengaruhi harga sewa bus wisata adalah Lokasi penjemputan. Jika penjemputan yang memungkinkan menjadikan bertambahnya jarak tempuh bertambah atau lokasi berjauhan dari lokasi pool serta berlawanan arah dari destinasi tujuan wisata, pasti akan di kenakan charge/cas biaya jemput. Dan hal tersebut sudah menjadi fenomena umum di dunia bus wisata.

Contoh : Customer memesan unit rute Jakarta_Anyer, dari PO di jakarta dengan harga 2.8 jt. Kemudian Customer pesan kembali unit dari Bekasi dengan rute yang sama dengan harga 3 jt. Kenapa rute sama terjadi perbedaan harga, karena factor lokasi pool bus yg kedua memiliki jarak yang lebih jauh dalam penjemputan.

Demikianlah, sedikit uraian singkat mengenai factor yang mempengaruhi harga sewa bus wisata, semoga bisa memberi pemahaman kepada customer jika ingin melakukan transaksi sewabus wisata.

Daftar Isi

Tampilkan selengkapnya